Welcome

Anti Essays offers essay examples to help students with their essay writing.

Sign Up

Analisa Kasus Kepemimpinan Dr. Kuntoro Mangkusubroto Dalam Restrukturisasi Pt Timah Essay

Open Document

Below is an essay on "Analisa Kasus Kepemimpinan Dr. Kuntoro Mangkusubroto Dalam Restrukturisasi Pt Timah" from Anti Essays, your source for research papers, essays, and term paper examples.

ANALISA KASUS KEPEMIMPINAN DR. KUNTORO MANGKUSUBROTO DALAM RESTRUKTURISASI PT TIMAH

Tahun 1976-1988, PT Timah sebagai produsen timah terbesar di dunia mengalami periode emas. Pada masa kejayaannya PT Timah menghabiskan uang secara ceroboh pada bidang-bidang yang tidak ada hubungannya dengan produksi dan bahkan justru membebani keuangan perusahaan, seperti : sekolah, rumah sakit, jalan aspal, pembangkit listrik, relay stasiun TV hingga guest house. Pada tahun 1985, dunia mengalami kelebihan pasokan timah sehingga mengakibatkan harga timah jatuh. Pihak manajemen PT Timah mengira penurunan harga timah tidak berlangsung lama, akan tetapi kondisi yang sebenarnya terbalik yaitu harga timah justru semakin lama semakin menurun. Ditambah permasalahan jumlah karyawan di PT Timah termasuk kategori kelebihan tenaga kerja atau tidak efisien. Dengan jumlah karyawan (lebih dari 25.000 karyawan) yang besar membebani biaya produksi PT Timah dimana harga jual timah justru dibawah biaya produksi. Alhasil dengan kondisi seperti itu PT Timah kian merugi dari tahun ke tahun. PT Timah pada periode tersebut dikelola oleh manajer-manajer yang tidak profesional yang sebagian besar terdiri dari personil militer.
Pada tahun 1989 PT Timah memasuki periode restrukturisasi, yaitu pada masa Dr. Kuntoro Mangkusubroro sebagai CEO yang ditunjuk oleh Menteri Pertambangan dan Energi saat itu. Awal restrukturisasi pada tahun 1990 diidentifikasi ada empat area sebagai masalah perusahaan, yaitu: Organisasi dan Manajemen, Produksi, Pemasaran, dan Keuangan. Restukturisasi yang dilakukan oleh Dr. Kuntoro Mangkusubroto sebagai CEO pada aspek tekno-ekonomi dan aspek perubahan budaya manajemen.
Akibat restrukturisasi pada aspek tekno-ekonomi ini adalah harus ada pemutusan hubungan kerja (PHK). Berdasarkan analisis manajemen, perusahaan bekerja efektif dengan tingkat sumber daya manusia tidak lebih 5.700 orang, sehingga ada PHK sebanyak 19.000 orang dari 23.335. CEO dalam mengambil keputusan dan bekerja...

Show More


Citations

MLA Citation

"Analisa Kasus Kepemimpinan Dr. Kuntoro Mangkusubroto Dalam Restrukturisasi Pt Timah". Anti Essays. 19 Apr. 2019

<https://www.antiessays.com/free-essays/Analisa-Kasus-Kepemimpinan-Dr-Kuntoro-Mangkusubroto-727435.html>

APA Citation

Analisa Kasus Kepemimpinan Dr. Kuntoro Mangkusubroto Dalam Restrukturisasi Pt Timah. Anti Essays. Retrieved April 19, 2019, from the World Wide Web: https://www.antiessays.com/free-essays/Analisa-Kasus-Kepemimpinan-Dr-Kuntoro-Mangkusubroto-727435.html