Bentuk Bentuk Ideologi Essay

Below is a free essay on "Bentuk Bentuk Ideologi" from Anti Essays, your source for free research papers, essays, and term paper examples.

Bentuk-bentuk ideologi:”Liberalisme”,”Kapitalisme”,”Kolonialisme”

oleh Muhammad Fadhil,0906521543

Judul:Pancasila setelah Reformasi 1998

Pengarang:AS Poerbasari

Data Publikasi: Koran Media Indonesia,1 Juni 2008

Ideologi sering diartikan sebagai suatu ide pemikiran,namun pengertian dari ideologi sendiri terus menerus mengalami peubahan.Hal ini terjadi seiring dengan berjalannya waktu.Nah,ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui asal kata dari ideologi,yaitu “idea” yang berarti ide,atau gagasan,dan juga “logos” yang berarti ilmu.Dari asal kata tersebut sebenarnya ideologi pada dasarnya adalah sebuh cabang ilmu yang bertujuan mengkaji.Adapun contoh bentuk-bentuk ideologi yang ada pasti tidak asing lagi di telinga,seperti kapitalisme,liberalisme,kolonialisme,dan lain-lain.
Liberalisme merupakan sebuah ideologi yang pada dasarnya mengajarkan mengenai kebebasan individu.LIberalisme sendiri mulai dikenal di Eropa pada abad ke 18.Pemahaman ini dicetuskan oleh para pemikir liberal klasik,seperti John Locke,Adam Smith,dan lain-lain.Manusia dalam perspektif libreralisme sebagai pribadi yang utuh dan lengkap yang terlepas dari manusia lainnya. Manusia sebagai individu memliki potensi dan senantiasa berjuang untuk kepentingan dirinya sendiri.
Lalu berikutnya ialah Kapitalisme,yang merupakan sebuah paham lanjutan dari liberalisme.Mengapa dapat dikatakan paham lanjutan?Karena pada dasarnya ideologi ini didasarkan pada pemikiran-pemikiran kaum liberal itu sendiri.Kapitalisme merupakan suatu ideologi yang mengagungkan kapital milik perorangan atau milik sekelompok kecil masyarakat sebagai alat penggerak kesejahteraan manusia. Bapak ideologi kapitalisme adalah Adam Smith,yang juga merupakan tokoh liberal,dengan Teorinya the Wealth Of Nations, yaitu kemakmuran bangsa-bangsa akan tercapai melalui ekonomi persaingan bebas, artinya ekonomi yang bebas dari campur tangan negara.

Kapitalisme...

Read Full Essay

Citations

MLA Citation

"Bentuk Bentuk Ideologi". Anti Essays. 31 Jul. 2014

<http://www.antiessays.com/free-essays/Bentuk-Bentuk-Ideologi-252110.html>

APA Citation

Bentuk Bentuk Ideologi. Anti Essays. Retrieved July 31, 2014, from the World Wide Web: http://www.antiessays.com/free-essays/Bentuk-Bentuk-Ideologi-252110.html